5 ide bisnis digital di masa pandemi

Pandemi COVID-19 telah melumpuhkan sebagian besar perekonomian dunia, termasuk Indonesia. Indonesia saat ini sedang mengalami kelesuan ekonomi yang dapat berujung pada krisis. Pemerintah dan jajarannya bekerja keras untuk mencegah krisis karena masyarakat semakin dibungkam oleh sulitnya memulai bisnis selama pandemi COVID19.

Masalah terus meningkatnya PHK menyoroti lesunya dunia usaha selama pandemi COVID-19

. Oleh karena itu, masyarakat yang terkena dampak harus berusaha memutar otak agar dapat menghidupi diri sendiri dan keluarganya di tengah krisis ekonomi.

Dunia bisnis yang kehilangan pelanggan juga harus bisa beradaptasi dengan situasi ini. Pemanfaatan teknologi digital bisa menjadi salah satu penolongnya. Internet dan teknologi digital menawarkan peluang bisnis yang sama kepada semua orang hanya dengan smartphone, komputer, dan koneksi internet.

Di bawah ini adalah contoh bisnis digital yang patut dicoba selama pandemi COVID19:


1, penjualan online

Ada ratusan juta pengguna internet di Indonesia, sehingga peluang pemasaran digital akan lebih menguntungkan daripada metode pemasaran tradisional. Anda yang terkena PHK bisa mencoba berjualan online di marketplace ternama atau di e-commerce. Orang-orang lebih cenderung melihat barang Anda karena dipasarkan secara online di internet.

Selain itu, Anda yang memiliki usaha dan terkena dampak pandemi COVID19 juga dapat memindahkan penjualan Anda ke toko online. Selain menghemat tempat daripada harus menyewa toko, toko online kini juga lebih menguntungkan karena masyarakat kini lebih memilih berbelanja online agar tidak tertular virus corona.

  1. Menawarkan layanan penulisan secara online

Sering kali, saat berjualan online, Anda perlu menggunakan bahasa pemasaran yang baik. Biasanya tugas seperti itu dilakukan oleh seorang copywriter. Tidak semua orang mampu menulis bahasa pemasaran yang baik dan menarik, terutama yang bertujuan untuk membuat orang membeli produk dan jasa yang ditawarkan.

Anda yang baru saja kehilangan pekerjaan atau bisnis Anda sedang mandek bisa mencoba beralih profesi menjadi copywriter. Pelajari cara menulis artikel pemasaran yang baik dan mengiklankan layanan Anda di situs web lepas seperti Freelancer atau Upwork.

Penjualan masker, desinfektan tangan, kompres alkohol

Saat ini, masker, pembersih tangan, dan kompres dengan alkohol 70% adalah wajib. Setiap orang memiliki setidaknya beberapa masker, membawa pembersih tangan, dan menyimpan alkohol 70% di rumah.

Dengan demikian, penjualan masker, hand sanitizer, dan alkohol 70% kemungkinan akan menjadi prospek cerah untuk beberapa bulan hingga beberapa tahun ke depan. Tidak ada salahnya menjual masker, hand sanitizer, dan alkohol 70%. Jual produk Anda di marketplace dan e-commerce, pasarkan di media sosial dan tunggu pembeli.

  1. Jual pulsa dan kuota internet

Karena pandemi, sebagian besar siswa belajar online di rumah. Kebijakan pembelajaran online ini memungkinkan operator telekomunikasi memperoleh keuntungan dari penjualan kacang-kacangan dan peningkatan kuota internet.

Peluang ini bisa Anda manfaatkan dengan berjualan pulsa dan jatah internet secara online. Dengan kemajuan e-commerce, siapa pun kini bisa menjadi agen pulsa dan internet. Nah, tidak ada salahnya mencoba peruntungan menjadi penjual pulsa dan odds internet!

  1. Jual sayuran secara online

Untuk meminimalisir risiko tertular virus corona, salah satunya dengan membatasi interaksi dengan orang lain. Pasar yang ramai berpotensi menjadi tempat penularan virus corona. Orang-orang takut pergi ke pasar.

Namun pedagang pasar yang biasanya menjual hasil pertanian seperti beras dan sayur mayur tetap harus untung untuk dimakan. Anda bisa membantu pedagang dan pembeli pasar dengan menjadi perantara.

Mereka memasarkan sayuran secara online dan ketika ada pembeli membelinya dari pedagang pasar. Tentu saja harga jual yang Anda tawarkan kepada pembeli bisa sedikit lebih tinggi dari harga dari pedagang pasar. Artinya, Anda dapat terus menerima penghasilan untuk kehidupan sehari-hari.

Nah, itulah 5 ide bisnis di masa pandemi melalui pemanfaatan teknologi digital. Situasi krisis membutuhkan pemikiran kreatif agar kita dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Lihat Juga :

https://ruaitv.co.id/
https://cmaindonesia.id/
https://rakyatjakarta.id/
https://gramatic.id/
https://tementravel.id/
https://psyline.id/
https://cinemags.id/
https://imn.co.id/
https://bernas.co.id/
https://mt27.co.id/

Akun ML Sultan Gratis

superart
2 min read

Akun Netflix Gratis

superart
3 min read