Cara Menggunakan Riwayat Clipboard di Windows 11

Windows 11 memiliki fitur Clipboard History untuk menyalin banyak item. Anda dapat mencoba cara menggunakan Riwayat Clipboard Windows 11 di sini.

Sebagai pengguna komputer, Anda tentu sangat familiar dengan kegiatan copy paste bukan? Ya, kegiatan ini memang sering dilakukan oleh banyak pengguna komputer karena dipercaya dapat mempercepat dan mempermudah pekerjaan yang dilakukan. Anda dapat menyalin/menyalin dari suatu konten, lalu menempelkannya di tempat yang Anda inginkan.

Fyi, Windows juga punya fitur yang bisa menyalin dan menyimpan barang dalam jumlah banyak lho. Mereka menamakan fitur ini sebagai Clipboard History. Jadi setiap kali Anda menyalin, item tersebut akan otomatis disimpan ke Clipboard. Setelah menyalin item, Anda tidak perlu terburu-buru menempelkannya. Anda dapat menyalin konten lain, tanpa perlu menghapus apa yang Anda salin sebelumnya.

Nah untuk lebih memahaminya, kali ini saya akan memberikan tips dan cara mudah menggunakan Clipboard History di Windows 11. Baca terus dibawah ini.
Cara Mengaktifkan Riwayat Clipboard

Perlu Anda ketahui, fitur Clipboard History bersifat opsional. Jadi Anda perlu mengaktifkan fitur tersebut terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Sebenarnya ada dua cara untuk mengaktifkan Clipboard History, yaitu melalui Setting dan Emoji.

Namun kali ini saya akan memberikan cara yang paling praktis yaitu mengaktifkan Clipboard History melalui Emoji. Berikut langkah-langkahnya:

Tekan pintasan "Windows + V" di keyboard.
Kemudian klik tombol "Aktifkan".

Bagaimanapun, karena Clipboard History adalah bagian dari panel Emoji, Anda juga dapat mengakses fitur ini dengan menekan tombol “Windows + ;” jalan pintas. atau “Windows + .”
Cara Menyinkronkan Riwayat Papan Klip

Setelah Anda mengaktifkan Clipboard History, Anda dapat mengonfigurasi fitur untuk mengunggah dan menyinkronkan konten yang disalin di seluruh perangkat yang terhubung dengan akun Microsoft (bahkan yang menggunakan Windows 10).

Untuk menyinkronkan Clipboard History, berikut langkah-langkahnya:

Klik kanan tombol Mulai dan pilih "Pengaturan."
Kemudian klik menu "Sistem".

Setelah itu, klik halaman “Clipboard” di sebelah kanan.
Sekarang klik tombol "Memulai" di bagian "Bagikan di seluruh perangkat".

Verifikasi nomor telepon (jika diperlukan).

Sekarang nyalakan sakelar "Sinkronkan di seluruh perangkat Anda."

Pilih opsi sinkronisasi yang akan Anda terapkan ke Clipboard History.

Opsi "Sinkronkan teks yang saya salin secara otomatis": Riwayat Clipboard akan disinkronkan ke cloud dan di seluruh komputer yang ditautkan dengan satu akun Microsoft.
Opsi "Sinkronkan teks yang saya salin secara manual": Anda harus memilih konten yang akan diunggah ke cloud 'secara manual' sehingga dapat disinkronkan di seluruh perangkat.

Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkah di atas, item yang disimpan di Riwayat Clipboard akan disinkronkan di seluruh perangkat. Dengan begitu, Anda dapat menempelkan teks/gambar di perangkat lain dengan mudah.
Cara Menggunakan Riwayat Clipboard

Sebenarnya cara kerja Clipboard History ini mirip dengan kegiatan copy paste biasa. Satu-satunya perbedaan adalah Clipboard History dilengkapi dengan antarmuka yang memungkinkan Anda untuk meninjau dan mengelola item salinan. Plus jika Anda mengaktifkan opsi sinkronisasi, Anda dapat menempelkan teks/gambar ke Clipboard di seluruh perangkat.

Lihat juga
Cara Berlangganan Video Amazon Prime Tanpa Kartu Kredit
Dalam Tutorial

Di Windows 11 ketika fitur Clipboard diaktifkan, Anda dapat menggunakan pintasan “CTRL + C” untuk menyalin item, dan pintasan “CTRL + V” untuk menempelkan item. Sedangkan untuk melihat daftar item yang sudah dicopy, Anda bisa menekan shortcut “Windows + V.”

Untuk menyalin dan menempel item menggunakan fitur Riwayat Clipboard, lakukan langkah-langkah berikut:

Buka aplikasi tertentu, misalnya disini saya ingin membuka aplikasi Microsoft Office Word.
Sekarang pilih teks/gambar yang ingin Anda salin (misalnya, saya akan menyalin teks).

Klik kanan teks/gambar dan pilih opsi "Salin" atau "Potong."

Kemudian tekan pintasan “Windows + V”, dan teks yang disalin akan otomatis masuk ke Clipboard History.
Anda dapat mengklik tombol Pin untuk menandai item yang akan sering diakses (untuk akses yang lebih cepat).
Anda juga dapat mengklik "Hapus Semua" untuk menghapus semua Riwayat Clipboard.
Jika Anda ingin menghapus item, klik tiga titik di sebelah item dan klik ikon tempat sampah.

Sumber :

Rate this post

HP unggulan Solana Saga yang unik, sempurna untuk HP…

Solana Mobile baru saja secara resmi mengumumkan ponsel Android terbarunya yang disebut Solana Saga, standar baru untuk ponsel perdagangan kripto. Solana Saga adalah smartphone...
superart
1 min read

Xiaomi Mi Band 7 Pro Dirilis Juli 2022, Bakal…

Setelah Mi Band 7 resmi diluncurkan beberapa waktu lalu, kini dikabarkan Xiaomi akan merilis smartband baru dari keluarganya, yakni Mi Band 7 Pro, tak...
superart
50 sec read

Filter Nada Nyata Pixel 6 sekarang tersedia untuk semua…

Filter Real Tone sekarang secara resmi tersedia di Google Foto. Sebelumnya, fitur ini hanya tersedia untuk pengguna ponsel Google Pixel 6. Beberapa waktu lalu,...
superart
49 sec read