Super Art Fest 2019 Finalists
In its first year, Super Art Fest has received a total of 552 entries from all over Indonesia. From the total competition participants, presented here are the 20 finalists from 4 categories.

Biodata

Nama : Dae Buton

Asal : Bau-Bau

Apa Kata Juri

Dae berkemampuan untuk menyampaikan berbagai macam konsep dan narasi. Teknik dan eksperimen ukuran yang beragam akan menjadi keunggulan kedepannya. Portonya di ruang publik memiliki pesan yang mudah dicerna namun tetap dengan style yang khas. Kemampuan Dae untuk mengaplikasikan karya ke berbagai macam media tidak diragukan. Pemilihan gaya dan warna/ komposisi juga membuat area sekitar menjadi akrab. Ke depannya semoga lebih mudah terlatih dengan konsepnya sendiri.

Tutu, Judge of Street Art Category

Biodata

Nama : Prayudi Herlambang

Asal : Depok

Apa Kata Juri

Kebebasan Herzven dalam berekspresi, percaya dengan stylenya sendiri, serta keberaniannya untuk tampil beda dan dapat membuat vibe sekelilingnya beda. Warna dan teknis yang dimix dengan gaya yang saat ini sedang in membuat karyanya dapat mencuri perhatian. Aplikasi berbagai media dengan style yang santai juga membuat karya Artist mempunyai body of work yang terindentifikasi dengan mudah. Sebagai Juri, gw penasaran dengan eksperimen selanjutnya dari Artist ini.

Tutu, Judge of Street Art Category

Biodata

Nama : Rully Semproel

Asal : Bandung

Apa Kata Juri

Kebebasannya berekspresi dengan stylenya sendiri sangat menarik untuk dicermati. Warna dan komposisinya yang beradaptasi dengan ruang dan bidang, dapat dapat membuat suasana berbeda dan fun. Semproel juga ternyata kerap menyisipkan unsur ornamen Indonesia di setiap karakter yang dibuat, yang dapat dijalankan dengan baik. Notes yang perlu disampaikan adalah eksplorasi bentuk perlu disesuaikan dengan vibe lingkungan sehingga narasi dan konsep dapat semakin kuat

Tutu, Judge of Street Art Category

Biodata

Nama : Taufik Rahman

Asal : Makassar

Apa Kata Juri

Kedetilannya dalam berkarya baik di area publik maupun di artwork pribadi perlu diapresiasi. Dashes dapat membawa suasana yang berbeda baik fun maupun dark dalam artwork nya. Pengaplikasian di berbagai media juga jadi pertimbangan yang menarik. Diharapkan dapat lebih mengeksplore graffiti dalam kaitannya untuk sebuah kebutuhan yang berbeda.

Tutu, Judge of Street Art Category

Biodata

Nama : Andreas Rilo

Asal : Tangerang Selatan

Apa Kata Juri

Eksplorasi, pengaplikasian bentuk dan pemilihan warnanya tergolong unik. Dengan background serta konsepnya yang sebenarnya lebih ke arah Graffiti letter, namun justru efek yang ditimbulkan tergolong dapat mulai memasuki materi kontemporer. Hal ini dinilai jarang terjadi di Graffiti, karena kebanyakan mengadaptasi dari bentuk graffiti yang sudah eksis. Hal ini perlu diapresiasi, karena saat ini style graffiti relatif serupa tapi tak sama.Diharapkani bahwa style ini dapat dieksplorasi lebih jauh hingga menjadi sesuatu yang tidak biasa.

Tutu, Judge of Street Art Category
Honorable Mentions
ONGGOOO
ALDI SATRIO
SUSAN EMANUELLA
ALODIA YAP
Rules

  • Peserta harus WNI, domisili di Indonesia , usia di atas 18 tahun pada saat mendaftar (memiliki E-KTP)
  • Pameran terbuka hanya bagi individu bukan kelompok / crew / komunitas.
  • Karya yang sebagai portofolio haruslah karya yang dihasilkan sendiri, bukan milik orang lain.
  • Jika diketemukan keberatan dari Pihak lain (pemilik karya yang sebenarnya), maka dapat didiskualifikasi.
  • Karya harus bebas dari unsur SARA, politik, pornografi dan berasosiasi positif.

  • KETENTUAN UMUM
    1. Program kompetisi “Super Art Fest 2019” (untuk selanjutnya disebut juga “Program”). diselenggarakan khusus untuk peserta Warga Negara Indonesia (WNI) , berdomisili di Indonesia dan yang telah berusia di atas 18 (delapan belas) tahun pada saat melakukan pendaftaran.
    2. Program tidak berkaitan dengan pembelian produk apapun.
    3. Hadiah dari Program tidak dapat dialihkan kepada pihak manapun dan tidak dapat ditukar dengan uang maupun barang lain dengan alasan apapun.
    4. Pemenang menerima segala resiko yang mungkin terjadi dalam perjalanan dan resiko lain yang timbul akibat penggunaan hadiah yang diberikan.
    5. Peserta menjamin kebenaran identitas data pribadi ataupun atas jawabannya, jika terdapat pemalsuan ataupun ketidaksesuaian terhadap identitas data pribadi atau jawaban peserta, maka pelanggar akan didiskualifikasi.
    6. Dalam hal terdapat pemalsuan ataupun ketidaksesuaian terhadap data pribadi, jawaban peserta, ataupun pelanggaran atas Syarat dan Ketentuan Program maka peserta akan didiskualifikasi.
    7. Peserta yang berhasil memenangkan Program harus bertanggung jawab atas kewajiban pajaknya sesuai dengan peraturan pajak yang berlaku, baik berupa pajak pendapatan atau pajak lain yang mungkin muncul karena selama mengikuti acara sebagai pemenang Program, serta biaya - biaya lain yang dikeluarkan selama itu di luar/selain biaya yang menjadi tanggung jawab panitia sesuai oleh syarat dan ketentuan ini.
    8. Semua biaya akses ke internet, termasuk biaya pulsa dan lain sebagainya, yang dibutuhkan oleh peserta agar dapat mengikuti Program ini menggunakan gadget yang dimilikinya, atau akses ke website yang memuat informasi Program atau informasi lainnya, menjadi beban dan tanggung jawab peserta.
    9. Para karyawan penyelenggara, afiliasinya, subsidiari, distributor, agen periklanan dan promosi, perusahaan yang terlibat dalam produksi Program, para agen dan anggota keluarganya tidak berhak untuk mengikuti Program ini.
    10. Peserta setuju untuk melindungi dan membebaskan Penyelenggara serta mitra usaha Penyelenggara dan setiap afiliasinya, dan setiap direktur, manajer, karyawan dan stafnya, dari semua tuntutan kerugian, kerusakan, cidera, tanggung jawab kepada pihak ketiga, dan tuntutan-tuntutan lain yang diakibatkan oleh pelanggaran dari peserta/pemenang yang berkaitan dengan Program dan/atau syarat dan ketentuan ini.
    11. Penyelenggara tidak bertanggung jawab untuk kesalahan atau ketidak akuratan informasi yang disebabkan gangguan telepon maupun internet atau peralatan atau program yang digunakan dalam Program ini, atau kesalahan teknis, atau kombinasi dari semua itu, yang mungkin saja terjadi selama persiapan dan pelaksanaan Program ini,termasuk setiap interupsi, kerusakan, kehilangan, kegagalan saluran telekomunikasi, telepon,seluler, atau jaringan satelit, masalah teknis atau kemacetan lalu lintas internet atau website, kerusakan software, pencurian atau perusakan, atau akses oleh pihak yang tidak berwenang,atau perubahan entries atau kerusakan pada komputer atau gadget peserta atau komputer atau gadget pihak lain yang digunakan peserta untuk berpartisipasi dalam Program atau akibat mengunduh informasi, data, materi atau program yang bersangkutan. Jika karena alasan apapun Program tidak dapat berjalan seperti direncanakan,termasuk tapi tidak terbatas masalah kerusakan teknis, intervensi oleh pihak yang tidak berwenang, penipuan atau sebab lain di luar kendali panitia, sehingga berpengaruh kepada masalah administrasi, keamanan, kejujuran, integritas, sopan santun, maka panitia berhak atas pertimbangannya sendiri melakukan diskualifikasi peserta yang tidak jujur, dan menunda, membatalkan atau merubah Program ini.
    12. Dalam hal terjadi keadaan Force Majeure/ terpaksa/ tidak teratasi karena bencana alam, kerusuhan, perang, dan lain – lain hal yang berada di luar kewenangan atau kemampuan Penyelenggara, maka rencana Program dan perjalanan dapat ditunda/dibatalkan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu, demi kepentingan dan keamanan seluruh peserta.
    13. Semua data yang diberikan peserta menjadi milik Penyelenggara. Penyelenggara akan mengumpulkan data peserta untuk keperluan Program ini. Jika data yang diminta tersebut tidak diberikan, peserta tidak dapat berpartisipasi dalam Program. Dengan keikutsertaan dalam Program, setiap peserta juga setuju bahwa data yang diberikan dapat digunakan oleh Penyelenggara untuk setiap promosi atau kegiatan mendatang, baik di media atau sarana publikasi lain, termasuk pengiriman pesan elektronik kepada peserta, tanpa pemberitahuan atau pemberian kompensasi lebih lanjut kepada peserta yang bersangkutan. Panitia berhak meminta kepada setiap pemenang memberikan bukti menyangkut usia, identitas dan tempat tinggal pada saat pengumuman pemenang, baik secara lisan atau tertulis.
    14. Peserta setuju bahwa seluruh dokumentasi yang terkait, dengan penyelenggaraan Program ini (foto, video, tulisan, dsb) yang mungkin menampilkan peserta di dalamnya, menjadi hak sepenuhnya dari Penyelenggara, dan oleh karenanya dapat dipublikasikan melalui media-media (elektronik, cetak, internet) untuk jangka waktu yang tidak terbatas tanpa memerlukan persetujuan dari siapapun dan/atau penggantian dalam bentuk apapun.
    15. Pengumuman pemenang final Program akan diinformasikan pada waktu dan lokasi yang akan diinformasikan melalui website.
    16. Seluruh keputusan yang dibuat juri berkaitan dengan penetapan pemenang Program adalah bersifat mutlak, final dan tidak dapat diganggu gugat.
    17. Panitia berhak untuk mengubah segala sesuatu yang berkaitan dengan Program sejauh dianggap diperlukan oleh panitia.
    18. Setiap peserta yang telah berpartisipasi dalam Program dan/atau menggunakan Program dianggap telah menerima dan menyetujui semua Syarat dan Ketentuan yang diuraikan di sini. Jika ada satu atau keseluruhan syarat yang tidak dapat diterima oleh peserta Program, maka dipersilakan untuk tidak mengikuti dan/atau melanjutkan Program.
    19. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Program ini dapat dilihat di www.superartfest.id yang akan menyediakan informasi secara lengkap mengenai Program ini.
  • KETENTUAN KHUSUS
    1. Tahapan Program
    2. Terdapat 4 tahapan dalam Program, yaitu:
      1. Tahap registrasi (tanggal 31 Mei 2019 – 16 Agustus 2019) Dalam tahap ini peserta diwajibkan untuk melengkapi data peserta dan melampirkan KTP dan portofolio karya. Peserta harus mendaftar dengan mengisi form registrasi dan men-submit foto portofolio serta foto KTP sesuai kriteria yang ditentukan pada website.

        Akan terpilih 5 (lima) finalis dan 5 (lima) honorable mention dari tiap kategori lomba oleh juri Program, yang kemudian akan dikabarkan dan diumumkan melalui email kepada peserta, media sosial dan website SUPER ART FEST 2019.

        Peserta terpilih wajib bersedia untuk melanjutkan ke tahapan selanjutnya. Dalam hal sebaliknya, maka juri akan memilih peserta pengganti yang terbatas di kalangan honorable mention.

      2. Tahapan berkarya dan seleksi awal (tanggal 27 Agustus 2019 – 12 Oktober 2019) Dalam tahap ini peserta diberikan kesempatan untuk menciptakan hasil karyanya secara orisinil sesuai kriteria kompetisi untuk nantinya diajukan kepada panitia Program untuk proses seleksi awal.

        Tahapan ini terbagi dalam beberapa proses sebagai berikut:

        1. Tanggal 16 Agustus 2019 :
          Tahap registrasi ditutup
        2. Tanggal 17 – 26 Agustus 2019 :
          Panitia dan juri memilih 5 (lima) orang finalis dan 5 (lima) orang honorable mention dari masing-masing kategori yang diperlombakan.
        3. Tanggal 27 Agustus 2019 :
          5 (lima) orang finalis dan 5 (lima) orang honorable mention dari setiap kategori akan diumumkan di website serta media sosial SUPER ART FEST 2019.
        4. Tanggal 27 – 30 Agustus 2019 :
          Panitia menghubungi 5 (lima) orang finalis dan 5 (lima) orang honorable mention dari setiap kategori via email, sekaligus mengirimkan Surat Pernyataan Keaslian Portofolio dan Karya (SPKPK) yang wajib dilengkapi dan dikirim kembali kepada panitia sebagaimana diatur dalam poin selanjutnya.
        5. Tanggal 6 September 2019 :
          Surat Pernyataan Keaslian Portofolio dan Karya (SPKPK) wajib dilengkapi, ditandatangani di atas materai Rp. 6.000 (enam ribu Rupiah), disertai nama jelas dan lengkap untuk kemudian dikirim kembali dalam bentuk hardcopy (via pos) dan softcopy hasil scan-nya (via email official: info@superartfest.id) ke panitia paling lambat diterima pada tanggal 6 September 2019.
          Alamat pengiriman dokumen:

          RedBoxActive.Com,
          UP: Sdr. Richi,
          Jl.Pulo Asem Utara III no. 8, Jakarta Timur 13220,
          Telepon: 082211333460

          Jika hingga tanggal 6 September 2019 panitia belum menerima dokumen, maka panitia berhak melakukan diskualifikasi peserta, dimana posisi peserta yang didiskualifikasikan tersebut akan digantikan dengan peserta urutan selanjutnya sesuai urutan terpilih 5 finalis dan 5 honorable mention per masing-masing kategori.
        6. Tanggal 9 – 11 September 2019 :
          Panitia akan mengkonfirmasi via email ke para finalis, untuk reminder memulai berkarya sesuai ketentuan dan memberikan informasi serta mengumpulkan data diri untuk verifikasi finalis pada tahap wawancara penilaian juri di Jakarta pada tanggal 15 – 16 Oktober 2019.
          Ketentuan membuat karya baru :
          1. Membuat karya baru sesuai genre yang didaftarkan.
          2. Tema: “It’s time to stand out”.
          3. Besar karya :
            1. Street art dan ilustrasi : maksimal sebesar 80 cm × 120 cm/100 cm × 120 cm.
            2. Comic strip : maksimal sebesar 1 hingga 5 panel, dengan ukuran per-panel maksimal 15 cm × 15 cm.
            3. Custom sneakers: menggunakan medium sneakers original/asli (bukan replika) ukuran orang dewasa atau minimum size 36.
          4. Jumlah karya yang dibuat adalah 1 (satu) buah.
          5. Karya harus bebas dari unsur SARA, politik, pornografi dan berasosiasi positif.
          6. Karya tidak sedang atau pernah dilombakan.
          7. Karya bukan hasil yang ditujukan untuk proyek komersil.
          8. Karya mengikuti teknik dan media sesuai poin C.
          9. Karya yang sudah jadi, wajib difoto dalam keadaan terang, tanpa melalui proses editing dan wajib dapat dilihat secara detail untuk proses penilaian oleh juri. Foto karya dikirimkan dalam format JPEG atau JPG, memiliki resolusi minimal 2000 x 3000 pixel, minimal 72 dpi (dots per inch) dengan besar file antara 2 hingga 5 MB.
          10. Foto karya dikirimkan disertai penjelasan konsep serta instruksi cara penyusunan karya (arah peletakan karya).
          11. Foto dan penjelasan konsep karya dikirimkan melalui email ke: info@superartfest.id, maksimal tanggal 12 Oktober 2019.
          12. Foto karya yang dikirimkan akan digunakan untuk penyusunan karya saat tahap wawancara penilaian juri, agar penyusunan dan penilaian dapat maksimal.
          13. Para peserta memberikan ijin publikasi dengan tanpa penggantian dan tanpa batasan waktu kepada panitia untuk kepentingan Program.
        7. Tanggal 12 Oktober 2019 :
          Deadline penyerahan foto hasil karya 5 (lima) orang finalis dari setiap kategori ke panitia, dikirim via email official info@superartfest.id
      3. Tahapan wawancara penilaian juri (tanggal 15 – 16 Oktober 2019)

        Dalam tahap ini, finalis yang terpilih wajib hadir berjumpa dengan juri pada tanggal 16 Oktober 2019 di Hotel Yello Manggarai Jakarta (atau tempat lain yang ditentukan panitia Program) untuk melakukan tanya jawab dan penilaian lanjutan.

        Bagi para finalis terpilih pada tahap ini akan disediakan transportasi dan akomodasi kamar menginap di Hotel Yello Manggarai Jakarta (atau tempat lain yang ditentukan panitia Program).

        5 (lima) orang finalis akan diberangkatkan ke Jakarta untuk mengikuti wawancara penilaian dengan membawa karya asli yang disubmit pada Tahapan Berkarya untuk dilihat langsung oleh juri pada tanggal 16 Oktober 2019. Estimasi awal para finalis akan tiba di Jakarta sejak tanggal 15 Oktober 2019 dan kembali ke domisili asalnya pada tanggal 17 Oktober 2019. (informasi selanjutnya mengenai susunan acara, transportasi dan akomodasi akan diinformasikan secara detail oleh pihak panitia langsung kepada para finalis melalui telepon, email dan media lainnya).

        Tahapan wawancara penilaian juri ini bersifat wajib untuk dihadiri para finalis, dikarenakan terdapat kriteria penilaian yang dapat menentukan posisi pemenang Program. Jika finalis tidak dapat hadir dengan alasan apapun juga, maka finalis tersebut akan terdiskualifikasi, kecuali jika dengan alasan force majeure (dalam keadaan darurat negara bencana alam, huru hara yang mengakibatkan penyelenggaraan Program dapat tertunda) dan atau apabila finalis ataupun kerabat kandungnya meninggal dunia, dalam kondisi yang membutuhkan perawatan medis atau kecelakaan, yang membuat finalis sungguh – sungguh tidak dapat hadir (disebut sebagai “Keadaan Darurat Finalis”) dan finalis wajib memberikan bukti tertulis dalam bentuk surat keterangan resmi yang dikeluarkan oleh instansi terkait. Berbagai alasan di luar Keadaan Darurat Finalis tidak dapat diterima dan finalis bersedia untuk dicabut haknya dan dieliminasi dari Program. Jika terjadi keadaan Force Majeure dan Keadaan Darurat Finalis sebagai mana dijelaskan dalam poin-poin sebelumnya, maka panitia akan melakukan pengumuman melalui media sosial dan atau website SUPER ART FEST 2019 serta melakukan penjadwalan ulang tahapan wawancara penilaian juri, khusus finalis tersebut, dengan biaya kedatangan dan akomodasi ditanggung oleh pihak finalis tersebut.

      4. Tahapan pengumuman pemenang
        Finalis terpilih hadir di Jakarta dan mengikuti seremoni pengumuman pemenang Program.
        1. Pengumuman pemenang akan dilakukan pada tanggal 1 Febuari 2020 di Livespace , SCBD, Jakarta.
        2. Finalis akan didatangkan kembali ke Jakarta untuk menghadiri acara seremonial pengumuman pemenang, dan melakukan serah terima hadiah secara simbolis. Untuk informasi lebih detail mengenai tanggal dan akomodasi akan langsung diinformasikan oleh pihak panitia kepada finalis melalui email, telepon dan atau media komunikasi lainnya.
        3. Semua karya finalis dan pemenang akan dikirimkan kembali ke alamat domisili finalis setelah panitia melakukan dokumentasi karya dengan baik untuk kepentingan arsip Program. Para finalis dan pemenang Program memberikan ijin kepada Panitia dan atau afiliasinya untuk mendokumentasikan serta menggunakan dokumentasi tersebut guna kepentingan publikasi non-komersil Program dengan tanpa penggantian dan tanpa batasan waktu.
        4. Hadiah uang tunai yang akan diterima oleh Juara 1, 2 dan 3 Program akan diserahkan dengan cara pemberian tunai atau transfer bank dengan kondisi setelah dipotong pajak sesuai peraturan Pemerintah yang berlaku di Indonesia.
        5. Juara 1 berhak mendapatkan hadiah berupa kunjungan ke Hong Kong guna menghadiri acara HKWalls dan atau Hong Kong Art Basel 2020. Rincian mengenai hadiah ini akan diinformasikan lebih lanjut setelah panitia mendapatkan informasi tanggal pelaksanaan kedua acara tersebut. Perlu diperhatikan, bahwa pemenang wajib mengurus serta telah memiliki KTP, Paspor yang masih berlaku pada saat tanggal keberangkatan, visa (bilamana dibutuhkan) dan seluruh dokumen-dokumen terkait lainnya untuk kemudian diserahkan softcopy dan atau hardcopy-nya kepada panitia sebelum masa pemberangkatan atau masa yang akan ditentukan dan diberitahukan kepada para pemenang.
    3. Diskualifikasi
      1. Para finalis dan honorable mention wajib melengkapi Surat Pernyataan Keaslian Portofolio dan Karya (template surat pernyataan akan dikirimkan oleh panitia) dan mengirim kembali ke pihak panitia maksimal pada tanggal 6 September 2019. Jika panitia tidak menerima Surat Pernyataan dalam jangka waktu yang ditentukan tersebut, maka para finalis dan para honorable mention dapat diskualifikasi dari Program.
      2. Dalam rangka saling menghargai karya sesama pelaku seni, maka jika terdapat masukan atau pelaporan dari pihak manapun terkait kompetisi atas finalis dan karya yang dilombakan dan diumumkan, dan hal terkait lainnya dapat diinfokan melalui email official Program yaitu:
        info@superartfest.id.
      3. Jika ada permasalahan yang timbul karena klaim hak cipta, ketidaksesuaian dengan SPKPK dan lain sebagainya antara finalis dan atau pemenang dengan pihak ketiga yang dapat mengganggu proses apapun dalam kompetisi dan dapat dibuktikan keabsahannya, maka pihak finalis, honorable mention ataupun pemenang Program yang berkaitan dengan permasalahan tersebut bersedia menyelesaikan permasalahan secara pribadi antara mereka, tanpa mengikutsertakan pihak juri, panitia, penyelenggara Program dan atau segala afiliasinya. Secara otomatis pula, pihak finalis, honorable mention ataupun pemenang Program tersebut bersedia didiskualifikasi atau dieliminasi tanpa pengecualian. Panitia beserta afiliasinya dibebaskan dari segala tuntutan, tanggungjawab dan/atau pembiayaan yang mungkin timbul dari permasalahan ini.
      4. Jika karena satu dan lain hal, diskualifikasi terjadi dalam tahapan kompetisi Program, maka para finalis dan/atau honorable mention yang terdiskualifikasi akan digantikan oleh urutan selanjutnya, terbatas pemilihannya oleh juri pada kalangan finalis dan/atau honorable mention.
      5. Keputusan juri dan ketentuan panitia tidak dapat diganggu gugat.

  1. Street Art:
  2. Kategori yang dilombakan mencakup: grafiti, stensil, wheat paste, teknik dapat dicampur & mixed media.

  3. Ilustrasi:
  4. Kategori yang dilombakan mencakup: gambar dengan teknik manual (cat air, pensil warna, cat akrilik, spidol) dan teknik komputer.

  5. Komik Strip:
  6. Kategori yang dilombakan mencakup: gambar dengan keterangannya dengan 1 – 5 panel, dengan teknik hitam putih atau berwarna dengan teknik & medium bebas (spidol, cat air baik manual ataupun komputer).

  7. Custom Art (Custom Sneakers):
  8. Kategori yang dilombakan mencakup: memberikan gambar pada sneakers dengan teknik dan media bebas (media spidol, cat semprot, cat khusus material, cat akrilik), tanpa mengubah bentuk, material, dan fungsinya sebagai sneakers. Sneakers yang digunakan bebas merk apa saja, bersifat general, namun original.