News
Ngobrol Bareng Rasefour, Juara Kategori Ilustrasi
4 March 2020 12:00 AM
202

Gandhi Setyawan, atau yang biasa dikenal melalui moniker Rasefour, adalah pemenang kompetisi Super Art Fest dari kategori ilustrasi. Berhasil menjuarai kategori seni yang dijurikan oleh Emte, kita berbicara banyak seputar perkembangan seninya dari usia belia, lingkungan seni di Indonesia, serta kesan dan pesan mengikuti Super Art Fest.

“Aku suka gambar dari kecil, dari sebelum masuk TK dan yang bikin aku suka gambar itu buku ilustrasi anak, komik, dan mural di jalan,” tuturnya menjawab ketika ditanyakan terkait apa yang membuatnya tertarik ke dalam dunia seni secara umum.

Menilik lebih dalam, kami juga menanyakan kapan ia mulai tertarik dengan kategori yang ia dalami sekarang (ilustrasi). Untuk itu, Gandhi mengaku tidak terlalu memusingkannya—semua dibiarkan berjalan dengan sendirinya. “Seingatku aku tidak pernah membuat keputusan untuk serius terjun di dunia seni. Aku cuman ikut flow aja sampai sekarang, karena suka menggambar dan bikin sesuatu aja,” jawabnya.

Menggeser topik ke ranah lingkungan, seniman yang menggemari karya-karya Eko Nugroho, Indieguerillas, Takehiko Inoue, serta Kentaro Miura ini mengaku bahwa masih ada banyak sekali kendala sebagai seorang seniman di Indonesia. “(Kendala) ada banyak sekali. Misal cash flow yang tidak jelas, apalagi untuk artis baru. Wawasan manajemen dan jual beli karya juga kurang.”

“Selain itu ruang pameran yang terbatas yang hanya didominasi kota-kota besar,” sambungnya menjelaskan.

Masih dalam topik yang sama; meski lingkungan seni di Indonesia masih jauh dari sempurna, tentunya semua itu tetap berpengaruh terhadap perkembangan pribadinya sebagai seorang seniman. Untuk itu, ia menyatakan bahwa, “Lingkungan sekitar (saya) cukup kondusif, walaupun keluarga sempat kurang rela tapi sekarang sih sudah ikhlas, hahahaha!”

“Kalo circle teman, support banget sih. Mereka sering bantu keuanganku dengan beli merch yang aku buat. Jadinya ya menyenangkan,” lanjutnya.

Seniman yang menakar karyanya kedalam spektrum “Pop”, “Sci-fi”, dan “Magic” ini pun turut berbagi kisah dan pengalamannya mengikuti rangkaian acara Super Art Fest. Salah satu momen paling bagi Gandhi adalah sesi sharing yang ada di dalam Super Art Fest itu sendiri.

“Mengobrol dan berbagi cerita dengan peserta lain itu momen penting buat aku. Bisa memperluas koneksi dan jaringan. Bahkan, aku punya rencana mau pameran di Jogja dengan Garis dan Gilang (finalis Super Art Fest) beberapa bulan lagi,” terangnya.

Gapura Diri, karya Rasefour

Gandhi lanjut menjelaskan kesan dan pesan mengikuti Super Art Fest. Mengikuti kompetisi seni nasional ini, ia menyatakan, “Seru sih acaranya, cuma agak capek karena rangkaian acaranya cukup banyak. Harapannya sih SAF ke depan bisa jadi satu rangkaian seminggu gitu. Pasti lebih seru!”

Memenangkan kompetisi ini tidak sebatas membawa pulang hadiah. Ada pelajaran yang didapatkan darinya. Bagi Gandhi sendiri, pelajaran itu hadir sejalan dengan apa yang sudah diagendakan oleh Super Art Fest. “(Pelajarannya) itu berusaha untuk stand out aja. Itu dan keep creating!

Di gelaran Awarding Night sebagai puncak acara Super Art Fest, selain menampilkan banyak musisi apik tanah air, pemenang tiap kategori juga diumumkan. Tanggal 1 Februari, 2020 kemarin, Gandhi dinyatakan sebagai pemenang kategori ilustrasi. Untuk itu, iapun turut merasa senang. “Jelas senang sekali karena aku pasang target minimal harus juara 3—takut pulang tidak bawa apa-apa,” katanya.

Terkait para peserta dan finalis lainnya, ia berkata, “Karya-karya mereka bagus semua, rata-rata karena udah jam terbang tinggi sih, ya. Aku banyak belajar dari mereka, baik tentang seni maupun hidup.” Sedang untuk para Juri, kurator, dan Panitia; Gandhi mengaku puas akan kinerjanya.

“Sebagai gelaran yang pertama, Super Art Fest udah oke, sih. Juri juga menyenangkan. Cuman kurang ada momen bareng dengan para juri. Akan lebih seru jika memang ada workshop bareng juri gitu, pasti akan lebih seru lagi,” ungkapnya.

Selamat kepada Gandhi Setyawan, atau Rasefour, selaku Juara 1 Kategori Ilustrasi dari Super Art Fest! Sukses terus, dan selalu berkarya, ya! Pantau terus website dan medsos kami karena kami masih akan menampilkan wawancara-wawancara dengan para pemenang dari kategori lain; seperti Comic Strip, Custom Sneaker!