News
Ngobrol Bareng Yanuar Indra, Juara Kategori Custom Sneakers
7 March 2020 12:00 AM
159

Memuat empat kategori seni dalam rangkaian kompetisinya, custom sneakers menjadi kategori terakhir yang akan kita wawancarai. Pemenangnya, ialah seorang Yanuar Indra, yang berhasil menyabet posisi satu dengan karyanya, "Part of Boneo".

Kamipun berbicara secara mendalam bersama Yanuar, dan membahas segala macam hal, seperti awal mula terjun ke dunia seni, kesan dan pesan mengikuti Super Art Fest, hingga seniman-seniman favoritnya! Baca di bawah:

Yanuar Indra mengaku pertama kali tertarik mendalami dunia seni karrena prosesnya. "Yang pertama kalo membuat saya tertarik dalam dunia seni adalah perosesnya terutama, karena dalam setiap proses kita dapat menemukan sesuatu yang baru," tuturnya.

"Saya sendiri sudah menekuni custom sneakers sebenarnya sejak SMA (2012) Awalnya dari sepatu sendiri, teman ke teman, dan mulai membuka jasa custom art itu tahun 2014, sebelum memutuskan untuk ke Jakarta di tahun 2017.

Ditanyakan kendala terbesar seorang seniman Indonesia saat ini, ia menjawab bahwa, "mungkin lebih ke konsistensi, sih. Kalau menurutku banyak yang gambarnya bagus-bagus tetapi belum memiliki karakter sendiri."

Masih seputar itu, kami juga mengorek bagaimana lingkungan sekitar Yanuar Indra mempengaruhi perkembangan seninya. "Peran lingkungan sangat berpengaruh sih,"  ungkapnya. "Karena dari lingkungan kita dapat belajar tentang banyak sekali hal baru."

Seniman lain tentu mampu menjadi inspirasi dan dorongan untuk terus berkarya. Bagi seorang seniman, referensi pun bisa hadir dari seniman lain. Yanuar menjabarkan sejumlah nama seniman yang ia gemari karyanya. Seperti Keith Haring, Degon, Kaws, dan Stussy. Adapula nama-nama lokal seperti Tuyuloveme, Mr. Wormo, Bujangan Urban, hingga Older Plus.

Dari semua itu, ia mengemas karya-karyanya  dengan pendekatan yang anti pretensi. "Serius tapi santai," ujarnya ketika hendak merangkum karyanya sendiri ke dalam tiga kata yang mampu mewakili.

Lanjut, kita pun membicarakan gelaran Super Art Fest yang berhasil dijuarainya. Ia mengaku perjalanan seninya sudah banyak melewati titik-titik yang menarik, namun SAF cukup berbeda. "Perjalanan seni yang menarik sih banyak ya tentunya, cuman buat aku sendiri, event berskala besar baru SAF aja yang pernah aku ikutin."

"Part of Borneo" karya Yanuar Indra
 

"Seru sih, ketemu banyak temen baru, yang tadinya cuman kenal dari Instagram jadi bisa ketemu langsung dan sharing bareng. Jadi bisa lihat langsung karya-karyanya seperti apa. Seru lah pokoknya!" sambungnya.

Yanuar mengaku mendapat ajaran-ajaran baru semenjak mengikut rangkaian kompetisi Super Art Fest hingga selesai menjadi juara. "Pelajaran 'waktu' sih juga menurutku yang berpengaruh penting dalam mengikuti event ini," pungkasnya. "Banyak orang-orang yang keren di sana tapi mereka tetap humble, ga seperti apa yang aku pikir sebelumnya."

Ketika dinyatakan sebagai pemenang kategori custom sneaker yang dijurikan oleh Hardthirteen, ia mengaku senang sekali. "Perasaan sebagai pemenang sih pastinya senang banget. Kebahagiannya ga cuman dirasain sendiri tetapi teman-teman juga selalu support terus selama ini. Tapi di balik itu semua aku yakin masih banyak orang-orang keren di luar sana yang mungkin bakal menjadi the next finalist dari SAF!"

Dari sana, kamipun menanyakan bagaiamana tanggapan Yanuar terhadap para peserta lainnya. Ia menyatakan bahwa, "yang pasti pertama ketika tahu bahwa mereka finalisnya, ada rasa deg-degan sih. Karena sebagian besar gue kenal dan gue tahu bahwa mereka juga keren-keren semua."

Terkait para juri, kurator, dan panita yang sudah menuntun dari awal berjalannya acara hingga rampung, Yanuar mengaku merasakan pengalaman yang beda dari lomba-lomba sebelumnya.

"Tanggapanku tentang penyelenggara, juri, dan kurator itu seperti suatu pengalaman yang beda sih dari semua lomba yang pernah diikuti sebelumnya," tuturnya menjelaskan. "Panitianya sangat aktif memberikan informasi, Jurinya juga asyik semua, sih. Banyak lah dapet masukan dari juri tentang kedepannya bakal dan harus ngapain. Terima kasih banyak buat para juri atas masukannya!

"Kuratornya (Leon Barto) juga banyak berbagi cerita selama berada di Jepang," sambungnya.

Selama mengikuti Super Art Fest, Yanuar mengaku banyak menjumpai pengalaman yang menarik. Ia menceritakan, "Mulai dari ketemu banyak orang-orang baru, jadi berteman dengan orang-orang tersebut, hingga menjalani suasana event yang benar-benar baru! itulah semua yang menarik dalam mengikuti rangkaian acara Super Art Fest!"

Selamat kepada Yanuar selaku pemenang kategori custom sneakers! Tidak lupa, selamat juga kepada para pemenang dari kategori lain, seperti Ilustrasi, Comic Strip, dan Street Art! Teruslah berkarya, guys! Jika kalian kelewatan, simak juga interview kami dengan para pemenang yang lain, ya!