News
Siap Buat Art Basel Hong Kong 2020?
11 November 2019 12:00 AM
1417

Salah satu hadiah paling bergengsi dari kompetisi Super Art Fest yang tak lama lagi akan menemukan pemenangnya ini adalah trip to Hong Kong untuk menghadiri Art Basel Hong Kong dan HK Walls 2020. Dalam bahasan tersebut, Art Basel sudah siap untuk meluncurkan gelarannya di Hong Kong untuk tahun depan, menjadikannya edisi ke-8 dari pameran seni internasional ini membuka gelarannya di kawasan Asia.

Sumber foto

Art Basel sendiri akan segera memperingati 50 tahun penyelenggaraannya. Pameran seni bergengsi di dunia yang berawal di tahun 1970 ini maju dengan tiga gelaran terbuka, yakni Art Basel di Juni 2020, Art Basel Miami pada Desember 2020, serta yang akan kita kunjungi besok, Art Basel Hong Kong pada bulan Maret 2020.

Kamis, 19 Maret 2020 akan menjadi hari di mana pintu pameran Hong Kong Art Basel dibuka. Diselenggarakan selama tiga hari dan mengisi penuh akhir pekan, publik luas dapat sejenak merehat dari keseharian sembari menikmati sajian seni yang berkualitas. Ya, kualitas dari Art Basel yang kembali ke Hong Kong Convention and Exhibition Centre ini memang tidak perlu dipertanyakan lagi. Untuk itu, mereka menggaet 242 galeri seni yang sudah terkurasi secara baik; galeri-galeri yang hadir ini merupakan galeri yang dengan influens mereka, mampu mendorong pergerakan roda seni—baik di dalam kawasan Asia, ataupun di luarnya.

Christina Li selaku kurator dari Art Basel Hong Kong 2020, turut angkat bicara untuk menyikapi gelaran yang tidak lama lagi akan resmi dibuka itu.

“Kami menghadirkan seni lukisan yang berkualitas, patung, gambar, karya instalasi, fotografi sampai video digital. Art Basel juga akan menerapkan model penentuan harga skala lebih kecil untuk stand yang lebih kecil,” tuturnya dalam siaran pers—dilansir dari Detikcom.

Detilnya, Art Basel HK 2020 akan menyugguhkan hal yang sama dengan apa yang mereka kemukakan di tahun 2019 kemarin. Pameran dibagi menjadi delapan kategori: Galeries, Insights, Discoveries, Kabinett, Encounters, Film, Magazines, dan Conversations. Seluruh karya lintas format—baik dari galeri, atau dari seniman—akan ditempatkan ke dalam delapan kategori ini menurut pembagiannya. Juga terdapat di dalamnya, sesi pembicaraan (Conversations) dan pemutaran film (Films), serta majalah-majalah terkurasi (Magazines) yang siap mengisi aktivitas berkunjung ke Art Basel Hong Kong 2020. Kalian sudah dapat melihat kelengkapan galeri yang akan diikutsertakan dalam pameran tersebut di sini.

Dari ratusan galeri yang mendapati tempat di Art Basel Hong Kong 2020, ada tiga nama galeri yang berasal dari Indonesia. Mereka adalah Gajah Gallery (Singapura/Yogyakarta), Nadi Gallery (Jakarta), dan ROH Projects (Jakarta).

Siapakah di antara para finalis yang akan berangkat ke Hong Kong dan menghadiri gelaran secara gratis? Dukung terus teman-teman finalis kita, dan tunggu pengumuman serta informasi terkait melalui akun Instagram kita, @Superartfest.id!

Bukan hanya Art Basel Hong Kong, para pemenang juga akan menikmati asupan seni jalanan dalam gelaran HK Walls 2020 yang tidak kalah menarik dari Art Basel. Penasaran HK Walls 2020 akan diwujudkan seperti apa? Pantau juga artikel berikutnya, ya!

Feature photo: sumber