News
The Clubhouse, ‘Markas’ Baru di Hong Kong Walls 2019
24 July 2019 12:00 AM
386

Membawa sesuatu yang baru di tahun 2019, Hong Kong Walls mengekspansikan headquarters pop-up mereka yang biasa didirikan untuk merayakan festival annual ini. Kali ini, mereka mempersembahkan The Clubhouse—sebuah venue kreatif yang membuka pintunya untuk pengunjung dan seniman sebagai tempat untuk merayakan seni sembari bersantai.

Terletak di 6 Stewart Road, The Clubhouse berlokasi di kawasan tradisional Hong Kong, atau yang biasa disebut tong lau, yang didirikan sekitar tahun 1920-an. Sebagai gedung bersejarah, tong lau ini sudah merumahi sejumlah tempat selama 90 tahun. Belakangan ini, gedung tersebut menjadi terlantarkan dan kondisinya memburuk. Transformasinya menjadi The Clubhouse menyertakan juga renovasi selektif terhadap gedung tersebut, sebuah renovasi yang masih mempertahankan atmosfir dan sejarah yang unik yang terkandung di dalamnya.

Dengan gedung yang sudah direstorasi, lapak yang terbentang seluas 3000 kaki persegi dan terbagi atas dua lantai, lantai dua dan tiga; The Clubhouse menjadi “markas” baru bagi HK Walls 2019. Kedua lantai tesebut berfungsi untuk merumahi sejumlah pameran ketika HK Walls berlangsung. Lantai dua digunakan secara kolektif, yang dioperasikan oleh HK Walls, Ueberformat, dan sejumlah galeri lainnya. Lantai ini akan digunakan untuk pameran untuk seniman dari berbagai macam latar belakang yang tersebar diseluruh dunia.

Galeri The Clubhouse bertujuan untuk memajangkan sekumpulan karya ekletik dari berbagai seniman kontemporer—dengan pameran-pameran lintas selera, yang akan memuaskan dan memanjakan setiap indera. Pameran tersebut juga akan menampilkan apa saja yang sedang terjadi dalam festival yang sedang berlangsung. Secara spontan dan menghibur, para seniman kerap naik dan menjadi host terhadap event-event interaktif dan yang terbuka untuk berpartisipasi. Sorotan utama dari pameran tersebut adalah sesi live painting dari seniman asal Amerika, Rosalio Vargas, yang terkenal melalui karya-karya vibrant dan enerjiknya.

Lantai ketiga dari The Clubhouse digunakan secara khusus untuk merumahi pameran annual dari HK Walls yang memajangkan karya-karya terdahulu dan yang sedang disorot pada tahun 2019 ini. Mengahdirkan hasil-hasil multi disipliner dan tradisional—secara cetak, ataupun menggunakan canvas; karya-karya yang dipajang di pameran ini sebagian besar dapat dibeli oleh para pengunjung yang tertarik. Dengan penataan yang fleksibel, lantai ketiga dari The Clubhouse juga dapat merumahi beberapa workshop yang digarap oleh lakon-lakon profesional dalam dunia seni. Seperti biasa, semua event di HK Walls, termasuk workshop dan turnya itu, tidak memakan biaya. Pengunjung hanya perlu mendaftarkan diri secara online melalui website HK Walls.

Tidak hanya itu, The Clubhouse juga menjadi ground zero bagi alunan musik yang dilepas oleh DJ set, dan juga untuk pemutaran sejumlah film pendek yang ditayangkan dalam HKwalls. The Clubhouse merupakan sebuah “markas” baru bagi para pengunjung dan seniman sekalipun untuk berkumpul, bersosialisasi, bersantai, dan tentunya merayakan kecintaan mereka terhadap seni di HK Walls 2019—sebuah gedung bersejarah yang disulap menjadi art space alternatif yang apik.

<iframe allow="accelerometer; autoplay; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture" allowfullscreen="" frameborder="0" height="315" src="https://www.youtube.com/embed/geyGS67lIZ0" width="560"></iframe>

*Sumber: hkwalls.org